Kamis, 28 Februari 2013

Tugas Terstruktur

,


PEKERJAAN RUMAH
MATA PELAJARAN SOSIOLOGI
KELAS XI IPS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

1.       Apakah yang dimaksud dengan group dynamics?
2.       Lakukan pengamatan di lingkungan sekitar anda tingggal, perihal kelompok-kelompok sosial yang anggotanya memiliki pekerjaan sejenis! Sebutkan tiga kelompok sosial yang ada dan ceritakan asal-usul hingga dinamika yang terjadi hingga saat ini
3.       Lakukan pengamatan di lingkungan sekitar anda tingggal, perihal kelompok-kelompok sosial yang anggotanya memiliki kepentingan sama, namun keberadaannya tidak mendapatkan perhatian masyarakat! Sebutkan tiga kelompok sosial yang ada dan ceritakan asal-usul hingga dinamika yang terjadi hingga saat ini!
4.       Lakukan pengamatan tentang desa anda! Hal-hal yang perlu kamu amati adalah sebagai berikut; adal-usul nama desa, jumlah penduduk, asal usul penduduk, pola interaksi sosial, bahasa yang digunakan, sistem pekerjaan, tingkat pendidikan, tradisi, sistem keyakininan, iklim dan cuaca, luas lahan, fungsi lahan, tindakan keseharian, sistem pekerjaan, jumlah anggota keluarga, kelompok sosial yang ada, stratifikasi sosial, dan konflik sosial. Jelaskan tiap-tiap aspek pengamatan yang tertera di atas!
5.       Lakukan pengamatan di televisi tentang sebuah kota! Jika memungkinkan, lakukan pengamatan profil sebuah kota yang ada di internet! Kemudian deskripsikan tentang karakteristik atau ciri-ciri suatu masyarakat kota!
6.       Lakukan pengamatan pada lingkungan tempat anda tinggal! Kemudian identifikasi tentang faktor-faktor yang mendorong terjadinya perubahan sosial pada daerah anda!
7.       Lakukan wawancara kepada anggota masyarakat yang pernah atau sedang bekerja di kota! Kemudian identifikasi apa yang menyebabkan mereka tertarik ke kota, serta lakukan identifikasi kenapa mereka meninggalkan desanya untuk pergi ke kota!
8.       Kejadian-kejadian sosial apa sja yang menurut anda hari ini sedang terjadi di desa  anda! Kemudian lakukan identifikasi kejadian sosial apa yang menurut anda buruk! Kemudian lakukan identifikasi kejadian sosial apa yang menurut anda baik!
9.       Lakukan analisis sosial tentang keberadaan kelompok sosial di daerah anda tinggal! Hal-hal yang dianalisis pada kelompok sosial di daerah sekitar anda di antaranya;
-          apa nama kelompok sosial yang anda amatI!
-          apa  yang menyebabkan mereka menjadi anggota kelompok!
-          apa tujuan mereka bergabung di kelompok sosial tersebut!
-          bagaimana model struktur pada kelompok sosoial yang anda amati!
-          apa yang mereka lakukan dalam rangka mewujudkan tujuan dari kelompok sosial!
-          apakah terdapat konflik sosial! Jika terjadi konflik sosial,  bagimana bentuk, dampak, dan akomodasi dari konflik sosial itu!
-          bagaimana perkembangan dari kelompok sosial tersebut!
-          apa keberhasilan yang dicapai dari kelompok sosial yang bersangkutan!
-          menurut anda, apa yang perlu diperbaiki perihal fungsi kelompok sosial tersebut terhadap anggota kelompok dan masyarakat luas!
10.   Jelaskan hubungan antara dinamika sosial terhadap perkembangan suatu masyarakat!

Selamat mengerjakan
Kerjakan pada lembar kertas folio
Gunakan alat tulis warna
Jawaban dikumpulkan dengan rapi pada tanggal 28 februari 2013
Terimakasih

0 komentar to “Tugas Terstruktur”

Posting Komentar

bagaimana pendapat anda tentang blog ini?

 

sosiologi Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates