Rabu, 12 Februari 2014

Perilaku Menyimpang

,
Berikut ini merupakan desain pembelajaran materi "Perilaku Menyimpang" pada mata pelajaran Sosiologi kelas X semester Genap dengan pendekatan Kurikulum 2013. Pembelajaran dilakukan dengan penekanan pada keterampilan mengamati,  menanya,  mencoba,  menalar,  menyaji,  hingga keterampilan mencipta yang perlu dikuasai siswa dalam materi perilaku menyimpang.

Pembelajaran dilakukan dengan teknik sederhana, dimulai dari pertemuan tatap muka dikelas. Selanjutnya dilakukan penguasaan materi. Kemudian ditindaklanjuti dengan penelitian dengan tematik perilaku menyimpang.

Penilaian dari pembelajaran ini dengan mengukur keterampilan siswa dalam mengamati,  menanya,  mencoba,  menalar,  menyaji,  hingga keterampilan mencipta laporan penelitian dengan tematik perilaku menyimpang.

Langkah Pertama: Pemahaman Materi Perilaku Menyimpang

Guru dan siswa mendalami materi tentang perilaku menyimpang. Materi perilaku menyimpang yang didalami memuat tentang teori-teori sosiologi yang mengupas tentang perilaku menyimpang. Beberapa teori sosiologi diantaranya teori interaksionisme simbolik, teori fungsional, dan teori konflik. Beberapa teori turunan dari teori besar diatas diantaranya teori tentang asosiasi deferensial, pengendalian, dan teori pemberian label.
Pascaguru dan siswa memahami materi di atas, selanjutnya dilakukan diskusi kelompok sebagai langkah kedua.

Langkah Kedua: Diskusi Kelompok

Lakukan hal-hal sebagai berikut:
1. Buatlah kelompok!
2. Ambil kertas, kemudian tulis identitasnya (kelompok berapa, ketuanya siapa, dan anggotanya siapa)!
3. Kemudian diskusikan tema penelitian apa yang kelompok pilih untuk diteliti (lihat foto copy)!

Jawablah beberapa bertanyaan dibawah ini dengan urut!
1. Apa tema penelitian yang kamu pilih?
2. Apa masalah penelitian yang hendak kamu jawab?
3. Dimana lokasi penelitiannya?
4. Kapan penelitian itu akan kamu lakukan?
5. Alat bantu apa saja akan anda gunakan?
6. Siapa saja yang akan kamu wawancarai?
7. Tempat mana saja yang akan kamu kunjungi?
8. Pertanyaan apa saja yang akan kamu lontarkan?
9. Bagaimana pembagian kerja kelompok dalam melakukan penelitian ini?

Sebelum menjawab dari beberapa soal di atas, perhatikan hal_hal sebagai berikut!
1. Untuk memilih tema yang tepat pada penelitian perilaku menyimpang kali ini, ada beberapa hal yagn perlu diperhatikan: Lihat tema penelitian yang ada do foto copy (yang jumlahnya 11 tema)!
2. Selanjutnya, tema penelitian apa yang terdapat di daerahmu! Misal, tema tentang money politik. Untuk memilih tema money politik, tema harus ada di lapangan.
3. Selanjutnya, apakah kamu dapat mewawancarai orang yang melakukan money politk!
4. Selanjutnya, apakah kamu dapat mengamati perilaku money politik! (ini hanya conoth pertimbangan dalam memilikih tema. Pada daasarnya pemilihan tema memiliki pertimbangan yang sama, seperti pertimbangan di atas)>
5. Selanjutnya, contoh menjawab permasalahan apa yang perlu dihadirkan dalam penelitian?
6. Jika kamu memilih tema penelitian tentang kekerasan dalam rumah tangga, maka masalah dalam penelitian tersebut diantaranya;
a. Apa penyebab dari perilaku kekerasan dalam rumah tangg?
b. Bagaimana terjadinya perilaku kekerasan dalam rumah tangga?
c. Apa dampak dari perilaku kekerasan dalam rumah tangga?
d. Bagaimana solusi dari perilaku kekerasan dalam rumah tangga yang terjadi?

Secara umum, pertanyaan dalam peneitian itu memuat tentang empat hal, diantaranya;
- Apa penyebabnya?
- Bagaimana terjadinya?
- Apa dampaknya?
- Dan bagaimana solusinya?
Empat pertanyaan di atas tidak harus dipilih semuanya. Semkain banyak pertanyaan, maka akan semakin sulit dalam penelitian.
Pilih pertanyaan yang mudah dan yakin anda dalam menjawabnya melalui penelitian.

Selanjutnya lokasi penelitian
- Lokasi penelitian merupakan tempat yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian.
- Jika pertanyaannya tentang perilaku curang para pedagang pasar, maka lokasi penelitiannya dapat dilakukan di pasar dan dirumah pedagang yang bersangkutan.
- Jika pertanyaan kamu tntang pencurian, maka lokasi peneliiannya dapat dilakukan dilokasi terjadinya pencurian atau tempat dimana kamu mendapatkan data tentang berbagai hal yang berhubungan dnegna pencurian.

Selanjutnya waktu penelitian
- Waktu penelitian merupakan waktu yang dipergunakan dalam peneltiian.
- Misal penelitian dilaukkan selama 1 minggu, maka tuliskan sejak hari kapan, tanggal kapan, bulan kapan, tahun kapan, HINGGA pada hari – tanggal – bulan, dan tahun.
- Contoh: Rabu, 12 Februari 2014 s.d rabu 19 Februari 2014.

Selanjutnya tentang alat bantu
- Alat bantu penelitian digunakan untuk melengkapi data penelitian.
- Misal alat bantu yang sering kali digunakan saat penelitian diataranya: foto, alat rekam wawancara, dan alat shooting.
- Alat bantu hanya sebatas membantu, bukan hal yang utama.
- Perihal alat bantu ini, disesuaikan dengan ketersediaan alat. Jangan memaksakan diri.

Selanjutnya, perihal siapa yang perlu di temui
- Orang yang perlu ditemui adalah orang yang memiliki jawaban pada pertanyaan yang akan kamu jawab.
- Misal: kamu meneliti tentang perilaku menimpang bidang kesehatan, maka yang perlu kamu temui adalah orang-orang yang melakukan perilaku menyimpang di bidang kesehatan.
- Contoh mallpraltik: orang yang dapat kamu temui diantaranya; dokter, pasien, pengamat kesehatan, pemerintah pengatur kesehatan, lembaga pengawas kesehatan, dll

Selanjutnya tempat mana saja yang perlu kamu kunjungi?
- Tempat yang perlu dikunjungi adalah tempat yang secara luas, bukan hanya sebatas lokasi. Jika lokasi penelitiannya itu di pasar, maka tempat yang perlu dikunjungi tidak hanya di pasar saja. Kunjungan dapat dilakukan di rumah pedagang, di rumah pembeli, di warung, di terminal, dan dimana saja, yang terpenting ada hal yang dapat menjawab pertanyaan anda.

Selanjutnya adalah pedoman wawancara
- Pedoman wawancara telah tersedia di fotokopian yang anda pegang.
- Namun pedoman wawancara tersebut masih dalam bentuk umum. Belum spesifik.
- Untuk menspesifikkan pedoman pertanyaan, berikut ini contohnya.
- Lihat foto copian anda sekarang, misal tentang kekerasan dalam rumah tangga

Pedoman umum
- Bagaimana latar belakang keluarga dari pelaku yang melakukan perilaku tersebut!
- Bagaimana kehidupan masa kecil dari pelaku tersebut!
- Apakah keluarganya pernah terlibat dapat perilaku tersebut!

Pedoman spesifik
- Bagaimana latar belakang keluarga dari pelaku yang melakukan kekerasan dalam rumah tangga!
- Bagaimana kehidupan masa kecil dari pelaku yang melakukan kekerasan dalam rumah tangga!
- Apakah keluarganya pernah terlibat dapat kekerasan did alam rumah tangga!

Catatan tambahan tentang pedoman wawancara
- Secara umum, pedoman wawancara yang anda miliki, perlu anda sempurnakan.
- Mudahnya, semua kata tentang perilaku menyimpang, kamu ganti dengan tema penelitian yang kamu pilih, yaitu mulai dari pedagang mengurangi timbangan hingga percintaan yang ditolak.

Selanjutnya tentang pembagian kerja
Pembagian kerja dalam kelompok meliputi tentang;
- Pewawancara
- Perekam
- Juru foto/juru shooting
- Juru olah data
- Juru laporan dan penggandaan laporan
- Juru presentasi
- Juru revisi dan pengumpulan produk

Produk dari diskusi kelompok ini adalah dalam bentuk kertas kerja yang memuat mirip dengan proposal penelitian sosial, namun dengan sentuhan sederhana. Berikut ini model kertas kerja yang perlu dikumpulkan siswa pascadiskusi kelompok.

Contoh:  PROPOSAL PENELITIAN SEDERHANA

Kelompok: I
Ketua kemlompok: Si A
Anggota kelompok:
- Si A
- Si B
- Si C
- Dst

A. Tema penelitian:
B. Masalah penelitian:
C. Lokasi penelitian:
D. Waktu penelitian:
E. Alat bantu penelitian:
F. Informan penelitian:
G. Lokasi pengamatan dan wawancara:
H. Pedoman wawancara”
I. Pembagian Kerja:

Pascakelompok mengumpulkan kertas kerja, guru segera memberi masukan tentang proposal penelitian sederhana tentang perilaku menyimpang. Setelah guru memberikan masukan tentang kertas kerja tiap-tiap kelompok, dilanjutkan penelitian lapangan.

Langkah Ketiga: Penelitian Lapangan

Berikut ini merupakan intrumen penelitian lapangan tentang perilaku menyimpang. Instruumen ini memuat tentang tematik perilaku menyimpang, pedoman wawancara umum, hingga memuat tentang pedoman wawancara khusus.

Tema Penelitian:
1. Perilaku menyimpang pedagang pasar mengurangi timbangan.
2. Perilaku menyimpang pedagang kaki lima mendirikan bangunan di trotoar jalan.
3. Perilaku menyimpang penduduk membuang sampah.
4. Perilaku menyimpang kesehatan.
5. Perilaku menyimpang pengendara motor
6. Perilaku menyimpang money politik caleg .
7. Perilaku menyimpang siswa nyontek.
8. Perilaku menyimpang pemuda minum miras.
9. Perilaku menyimpang pencuri.
10. Perilaku kekerasan dalam rumah tangga.
11. Perilaku menyimpang karena cintanya ditolak atau percintaan.

Pedoman wawancara umum
1. Perilaku menyimpang apa yang dilakukan!
2. Siapa saja yang melakukan perilaku menyimpang tersebut!
3. Dimana perilaku menyimpang itu dilakukan!
4. Kapan perilaku menyimpang itu dilakukan!
5. Bagaimana cara melakukan perilaku menyimpang tersebut!
6. Apakah ada yang diruginkan dari perilaku menyimpang tersebut!
7. Siapa saja yang diruginkan dari perilaku menyimpang tersebut!
8. Apakah ada yang diuntungkan dari perilaku menyimpang tersebut!
9. Siapa saja yang diuntungkan dari perilaku menyimpang tersebut!

Pedoman wawancara khusus
1. Bagaimana latar belakang keluarga dari pelaku yang melakukan perilaku tersebut!
2. Bagaimana kehidupan masa kecil dari pelaku tersebut!
3. Apakah keluarganya pernah terlibat dapat perilaku tersebut!
4. Apakah pelaku pernah distigmakan dengan perilaku tersebut!
5. Kapan pelaku mengenal perilaku tersebut!
6. Dengan siapa pelaku mengenal pertama kali belajar perilaku tersebut!
7. Dengan kelompok mana pelaku mengenal perilaku tersebut!
8. Apakah dalam kehidupannya, terdapat seseorang atau kelompok yang mengendalikan dirinya untuk melakukan perilaku tersebut! Jelaskan!
9. Apakah pelaku memiliki cita-cita yang belum tercapai! Jelaskan!
10. Apakah pelaku mengalami ketegangan dalam hidup karena cita-citanya tidak tercapai! Jelaskan!
11. Apakah pelaku menggunakan jalan lain yang melanggar norma dalam mencapai cita-cita tersebut! Jelaskan!
12. Apakah pelaku pernah m engalami putus asa karena cita-citanya tidak tercapai! Jelaskan!
13. Apakah pelaku pernah mengurungkan dirinya karena cita-citanya tidak tercapai! Jelaskan!
14. Apakah pelaku pernah melakukan perlawanan kepada seseorang atau kelompok atau yang lainnya karena cita-citanya tidak tercapai! Jelaskan!
15. Apa tanda-tanda orang melakukan perilaku tersebut!
16. Dengan siapa mereka melakukan perilaku tersebut!
17. Kepada siapa mereka melakukan perilaku tersebut!
18. Menurut mereka, apa makna dari perilaku tersebut!
19. Apa yang mereka pahami tentang perilaku tersebut!
20. Apakah mereka memiliki ketidaksetaraan dalam kehidupan sosial!
21. Apakah dalam melakukan perilaku tersebut, mereka saling bertentangan satu dengan yang lain! Jelaskan, mengapa demikian!
22. Apakah mereka saling bersaing dalam melakukan perilaku tersebut! Jelaskan, mengapa demikian!
23. Apakah mereka melakukan eksploitasi saat melakukan perilaku tersebut! Jelaskan, mengapa demikian!
24. Apakah mereka melakukan tersebut atas dasar untuk meraih kekuasaan! Jelaskan, mengapa demikian!
25. Apakah perilaku tersebut menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya dan diri orang lain! Jelaskan mengapa demikian!

Langkah Keempat: Presentasi

Presentasi hasil penelitian perilaku menyimpang tiap-tiap kelompok dilakukan. Dalam proses penyajian hasil penelitian tersebut, tiap-tiap kelompok mendapatkan masukan yang berarti dalam rangka meningkatkan kualitas hasil pembelajaran siswa.

Demikian merupakan model pembelajaran sosiologi kelas X semester genap pada tema perilaku menyimpang. Semoga model pembelajarna ini menjadikan tambahan informasi dalam rangka mengajar dengan pendekatan kurikulum 2013 yang menekankan kemampuan siswa akan keterampilan mengamati,  menanya,  mencoba,  menalar,  menyaji,  hingga keterampilan mencipta yang perlu dikuasai siswa.

Semoga bermanfaat, terimakasih. 

0 komentar to “Perilaku Menyimpang ”

Posting Komentar

bagaimana pendapat anda tentang blog ini?

 

sosiologi Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates